Belajar Bahasa Inggris menggunakan Video Game

Bisakah kita belajar Bahasa Inggris lewat Game?

Tentu saja! Game berbasis pembelajaran bahasa Inggris ataupun video game pada umumnya dapat membantu dalam memahami dan menguasai bahasa lebih cepat. Studi penelitian menyimpulkan bahwa video game mampu meningkatkan pembelajaran tradisional bahasa Inggris dan memahami bahasa Inggris menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Namun, jika tidak dibandingi dengan fondasi kuat dari pembelajaran kosakata dan tata bahasa yang disediakan oleh pembelajaran pada umumnya, tentu saja kita tidak bisa belajar bahasa Inggris hanya menggunakan game saja. Akan tetapi jika keduanya digabungkan antara game dan pembelajaran konvensional, akan tercipta suatu harmoni yang menciptakan pembelajaran bahasa yang lebih beragam. Berikut kelebihan penggunaan Video Game dalam pembelajaran bahasa Inggris.

13,786 Console Games Photos - Free & Royalty-Free Stock Photos ...


1. Video Game mampu meningkatkan kemampuan Linguistik dan Perkembangan Kognitif

Bila digabungkan dengan fondasi pembelajaran kosakata dan tata bahasa, Video Game mampu membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca, komprehensi, mendengar, bahkan kemampuan berbicara! Hasilnya bahkan akan lebih terlihat di siswa yang kesulitan dalam belajar. Menurut survey, lebih dari 78% guru mengatakan bahwa game berbasis pembelajaran maupun Video Game pada umumnya, efektif dalam membantu siswa yang kesulitan dalam pembelajaran tradisional.


Stream console video games to your computer | Popular Science

2. Game berbasis Pembelajaran Bahasa Inggris membuat Kegiatan Belajar Mengajar menjadi menyenangkan

PR, quiz, ujian, ataupun tugas dalam kelas dapat meningkatkan level stress yang dialami oleh siswa dan menyebabkan kegelisahan dalam diri siswa, terutama bagi yang kesulitan memahami pelajaran bahasa Inggris. Stress dan kegelisahan ini kemungkinan bisa menurunkan proses pemahaman siswa dan membuat mereka merasa terisolasi dari teman mereka yang lebih sukses. Tetapi, Video Game ataupun game berbasis pembelajaran adalah faktor penyeimbang yang sangat bagus karena keduanya dapat mennurunkan stress, meningkatkan hubungan sosial, dan tentu saja dapat membuat pembelajaran bahasa Inggris ataupun pembelajaran lain menjadi menyenangkan!


How Covid-19 Might Create an Onerous Economy Inside Video Games ...

Game berbasis pembelajaran bahasa Inggris ataupun Video Game pada umumnya adalah suplemen tambahan untuk membantu siswa dalam memahami dan menguasai satu bahasa dengan cepat. Studi ilmiah dan penelitian terkini menyebutkab bahwa video game dapat membantu mengontekstualisasikan pembelajaran formal dari pembelajaran yang terstruktur (tradisional), meningkatkan kemampuan linguistik, menurunkan tingkat stress, dan bahkan menawarkan berbagai potensi lainnya. Namun, pembelajaran bahasa melalui game memiliki beberapa kelemahan dan tentu saja bukan pengganti dari pembelajaran yang terstruktur disediakan oleh sekolah dan para pengajar, dalam aspek kosakata dan tata bahasa.

Komentar