Kewajiiban Menuntut Ilmu dan Menghormati Guru

Assalamualaikum Wr.Wb.

     Selamat Pagi and Good Morning for everyone! Semoga para pembaca budiman di rumah senantiasa diberi kesehatan dan juga kekuatan untuk menghadapi kondisi sulit seperti sekarang ini.

         Kali ini, Saya akan memberikan bahasan tentang Hadits Kewajiban Menuntut Ilmu. Kita semua tau dong kalau menuntut ilmu itu wajib bagi semua Orang, tidak cuma untuk Muslim. Karena ilmu pengetahuan itu sangat penting untuk menunjang hidup seseorang agar kelak tidak mudah terbelit lika-liku kehidupan dan agar hidupnya selalu sejahtera berkat ilmu tersebut. Contoh simpelnya saja gini deh, agar seseorang tidak kelaparan, seseorang harus tahu cara memasak dan darimana kita mendapatkan ilmu memasak? Ya dari belajar! Karena itulah ilmu pengetahuan itu penting untuk segala sendi kehidupan kita. Jika kita tidak memiliki ilmu, niscaya kita akan mudah diperdaya oleh orang lain yang lebih pintar dan cerdik dan juga kehidupan kedepannya akan sukar karena tidak memiliki keahlian ilmu apapun.





Dalam hadits tentang menuntut ilmu, Rasulullah SAW bersabda,

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)

Artinya, "Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR Tabrani)


         Selain kewajiban menuntut ilmu, Rasulullah SAW. juga menganjurkan kita untuk menghormati dan berlaku baik kepada guru-guru kita yang telah sangat berjasa mencerdaskan kita dengan susah payah mulai dari TK hingga ke bangku Sarjana. Tanpa para guru, tidak mungkin kita bisa mendapatkan ilmu dengan mudah. Para Wali Islam di zaman dulu pun memiliki Guru-Guru mereka sendiri di mana guru-guru tersebut mewariskan ilmu mereka kepada santri-santrinya dan berkat mereka lah, Islam menjadi seperti sekarang. Kita dilarang untuk berkata kasar bahkan membenci guru kita karena mereka memiliki niat baik untuk mencerdaskan kita dan kita seyogyanya dilarang menepis niat baik mereka tersebut dengan sikap dan perkataan buruk, apalagi sampai melakukan tindakan kekerasan fisik kepada mereka.


        Demikianlah entri blog singkat dari saya, semoga kita kedepannya senantiasa agar dapat selalu menuntut ilmu dan belajar dimanapun dan kapanpun seperti sabda Rasulullah SAW. diatas dan juga agar para pelajar di Indonesia selalu menghormati para pengajar yang telah senantiasa mencerdaskan kita. Amin Allahuma Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Posting Komentar